Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu

17.59 / Diposting oleh Anto /


                                                                        ABSTRAK


Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu. Penelitian ini didasari bahwa memperhatikan prestasi kerja karyawan merupakan suatu yang amat penting untuk selalu dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan, faktor-faktor tersebut dapat berupa kepuasan kerja karyawan dan disiplin kerja karyawan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua: 1). Apakah kepuasan kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi kerja karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu?. 2). Seberapa besar kepuasan kerja dan disiplin kerja mempengaruhi prestasi kerja karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu?. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu baik secara parsial maupun simultan. Disamping itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kepusan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu.
Objek penelitian ini adalah karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu, dengan metode penarikan sampel Stratified Random Sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 55 orang. Metode pengumpulan data menggunakan quisioner, wawancara, dan observasi.
Persamaan regresi linear berganda yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y = 5,771 + 0,310 X1 + 0,213 X2. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial kepuasan kerja dan disiplin kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hal itu ditunjukan melalui uji t, di mana nilai t sig dari variabel X1 (kepuasan kerja) = 0,000 dan nilai t sig dari variabel X2 (disiplin kerja) = 0,001 lebih kecil daripada nilai (alpa) 0,05. Secara simultan variabel kepuasan kerja dan variabel disiplin kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hal itu dibuktikan dengan nilai F sig 0,000 lebih kecil daripada nilai (alpa) 0,05. Berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil, nilai R = 0,823 dan R2 = 0,665 ini berarti besarnya pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Bengkulu adalah sebesar 0,665 atau sebesar 66,5 %.


Kata Kunci : Kepuasan kerja, Disiplin Kerja dan Prestasi Kerja





0 komentar:

Posting Komentar